Bali Spirit Festival 2010 Experience!!…

14 Apr

the opening

wow… hanya itu yang bisa diungkapkan dengan kata-kata … the best experience ever! Winning this sort of competition, is something to be thanked for.. at the time we got 5 winners.. 1 from fit, 1 from femina, 1 from men’s health, 1 from reader’s digest and 1 from cita cinta… wanting to have some friends to go together with in the BaliSpirit festival that i’ve won, i’ve contacted few winners to go together from Jakarta to Bali and to spend time togetha’ there…

very nice place in ubud .. PURNATI

Sudah bertahun-tahun kita tahu bahwa Bali sudah menjadi objek wisata dari dalam maupun luar negeri. Tapi akhir-akhir ini ada perkembangan dalam dunia turisme Bali yang memfokuskan pada kesehatan dan pengalaman spiritual dan emosional. Bali, dan terutamanya Ubud lah yang memberikan pengalaman ini. BaliSpirit festival ini merefleksikan nilai dan tradisi holistik dari orang Bali dan juga memperkenalkannya ke komunitas internasional. Bersama mereka mengekspresikan talenta personal mereka dan diinspirasikan dengan mengembangkan nilai-nilai kebaikan , kreativitas. BaliSpirit dikenal turut mengambil bagian sebagai elemen kedamaian dan keserasian dunia.

Bali Spirit Festival terdiri dari workshop yoga , dance, music, dan meditasi. kita diberikan schedule waktu yang padat yakni dari jam 7.30 pagi hingga 5.15 sore non stop dengan pilihan latihan yang ada. Lokasi dibagi-bagi ada yang di Main Pavillion (Pavillion Utama), Lawn Pavillion ( dilapangan rumput), Amphitheatre (sperti teater kecil yang terbuka), Bale Up ( di atas dengan bisa melihat pemandangan keluar dan terbuka udaranya) dan Bale Down (di dalam ruangan di bawah) dan Pool Pavillion. Tiap jamnya ada pilihan kelas2 yang diikuti, dalam tempat2 tersebut dengan jam yang sama ada kelas-kelas yang berbeda, hal itu membuat kita sangat sulit untuk memilih karena tiap kelasnya itu bagus sekali dan pengennya sih ikut semuaaanyaaa … tapi kelas-kelas yang sangat diinginkan kadang berada pada waktu yang sama. Perlu beberapa jam hingga kami dapat menentukan mana yang kita benar-benar mau.kelas terdiri dari kelas jam 7.30 -9 am, lalu 9.15-10.45, lalu 11-12.30, lanjut dengan 1.30-3pm, dan 3.15 hingga 5.15pm.

Workshop Bali Spirit dimulai dari hari Kamis 1 April 2010. Malamnya dihadiri dengan pembukaan yang besar-besaran di ARMA.

Hari jumat April 2nd my 1st day kesana, awal datang me n my friend anin said “kayaknya yang orang indonesia kita doang ya” karena memang didominasi dengan bule-bule yang notabene datang dari berbagai negara di dunia, ada yang dari Canada, Australia, Los Angeles.. waw.. memang pemersatu dunia…

aku mengawali dengan mengikuti kelas Forrest Yoga jam 7.30am dengan Cat Kabira, didalamnya kita belajar olahraga-olahraga yang jarang dilatih sebelumnya yaitu our woman area.. psst u know what .. more like kegel but detailed on the core.. Cat Kabira, American yoga trainer.

the advance ones hahaha

then i continue to laughter yoga, with the Balinese trainer of Kadek Suambara, ini adalah kelas yang paling asyik karena isinya kita ketawaaa ketawaaa mulu, mengganggu kelas2 yang lain , yang pada iri ama kelas kita yang asyik karena ketawa heboh terus.. hihi kelas Laughter yoga ini memfokuskan kita untuk segila2nya ketawa, ada session pura2 nelpon orang dan ketawa-tawa, kita juga ketawa untuk tiap cakra tubuh kita, 1 cakra ketawa dengan hahahaha, ada yang dengan hihihihi ada yang cakra lain dengan hohoohohoho, kata Kadek Suambara, “kalian beruntungnya, kayaknya spirit of laughter lagi disekitar kita, I can’t stop laughing”katanya.. it is so fun! Disini aku kenalan dengan Jenny, from Canada, yang ternyata sudah stay di North of Bali for 4 years and have a bungalow there, dan dia adalah consultant yoga untuk mereka yang mau menjadi true YOGI, akan dia analisa dan apa makanannya nanti dia tulis dan latihannya apa, etc. waw hebat due.. jadi pengen dianalisa jenny

Lanjut dengan Apple Yoga dengan Katy appleton, she’s such a nice smart trainer enak banget dilatih sama, disini benar2 merasakan yoga yang berat ,.. yet so relaxing… lanjut lagi dengan bollywood dance dengan duo dancer dari india…. tapi berhubung gaya yang diajarkan masih basic (terbiasa dengan gaya heboh di gym ya hahaa ) saya tidak sampai selesai mengikuti tapi melihat-lihat merchandise balispirit yang lucu – lucu kemudian ikutan hulla hoopnya,… i was never be able to do a hollaa hoop before , ga pernah mau melingkar di pinggang deh perasaan tapi .. yang ini kok ok abis ya and pada akhirnya malah bisa banget gitu lohhhh… hahahha..

malemnya kita jalan2 keliling ubud ke restoran italia namanya Black Beach.. ownernya dari Italia, harga yang terjangkau dan banyak expat yang kesana, pakai dasarnya dengan pasir hitam .. so nice few in ubud… lucunya malam itu lagi ada pertunjukkan film perancis di restoran tersebut (pas banget dengan gw yang lagi belajar bhs perancis hahaha) seinget gw judulnya ma mere.. or something pokoknya lucuuu. Ketika ditanya kenapa menunjukkan film Perancis, padahal restoran itali? ternyata jawabannya, “oh adek ipar saya orang Perancis, dia protes filmnya Italy semua, jadi dia bilang pokoknya dalam 1 minggu harus ada film Perancisnya ya … dan kita jadikan Jumat malam ini malam film Perancis”. Pas benerrr, hehe

Sabtunya acara dilanjutkan dengan kundalini yoga… “You deserve to Detox” dengan Rebecca Pflaum… my God, mereka sangat peaceful sekali dan dengan diiringi alunan – alunan lagu yang menenangkan dan nyanyian2 ok .. dan perkataan yang sangat peaceful dari Rebecca yang curhat ke kita semua, dia berkata ” ayah saya pernah bilang ke saya kamu kok jadi anak tuh mushy-mushy banget deh, alias cengeng banget .. be more logical” and she said “but i can’t, i am such a feeling person, and we should thank this, we should thank the feeling that we have” dan terus tentang peaceful etc, sangking peacefulnya gw meneteskan air mata .. hiks.. lagunya enak banget bo…

A little about the picture above, .. ini tuh pas banget ya .. dikala gw dan temen2 gw lagi lesehan .. tiba2 datanglah bapak India ini dan tiba2 bersenandung dengan mas ganteng baju ijo ini dan mulai ngedrum2 dan nyanyi2 yang emang pada dasarnya keren banget dan ini benar2 di depan kita abis yang lagi tidur2an di rerumputan.. and bergabunglah si pirang dan ikutan nyanyi2 dan ga lama setelah ini berkumpulah yogi-yogi dan dansa dansa mengikuti irama, pada photo memphoto dan alhasil acara beristirahat jadi suatu tontonan menarik tersendiri,… sampe2 nyaris ga ada anteran pulang lagi karena udah gelaphhhh…

Lanjut dengan Kelas Dance Alchemystic Yoga Dance: Dance of the Tao by Tina nance , disini diawali dengan yoga .. dan kemudian menutup mata kita dan mengharuskan kita ngedance dengan bervariasi lagu yoga yang dia miliki, dan lagu trance house etc.. alhasil kita joget2 dengan tutup mataaa… tapi seru banget… kemudian sangking teparnya jam 11 berleha-lehalah kita di lapangan berpiknik2 ria, kenalan dengan semua yang mayoritas instruktur yoga!! walah keyeen…aku kenalan juga dengan instruktur dari Batam.. and she’s so good her aim is to have all the yoga classes (unlike me still mix with having dance classes hahahhaa) ..

saya kemudian ikut Zen Thai Yoga: Zen Thai Shia Shiatsu: for Neck/Shoulders by Gwyn Williams.. disini enak sekali belajar pijet boo.. dan terus tar berpartneran dan nanti ganti2an mijet seluruh badan dan yang dipijet harus pasrah (it is based on trust .. touch etc ..) dan ternyata pasanganku si Ojeya.. yang ngajarin african dance .. kuat aja pijetnya tapi enak banget wow

kemudian aku lanjut dengan Dance West African Guninea Dance dengan Ojeya Cruz Banks.. she’s so very powerful, dance africa ini penuh semangat sekali namun ga kalah semangatnya juga dengan Danca YOGA MEET DANCEnya Cloe Jackson,… wow lagu2nya ga nahaan michael jackson, jason mraz hahaha.. all my favorite then we dance dengan syal2 .. dan dance partneran bersama-sama dan happy banget kondisi yang sangat menyenangkan ….. gembira banget sampe instrukturnya terharu and she cried a bit … saw a tear in her eyes.. she’s so sweet , the class was so good, one of my best class…

ohhh tapi ga kalah dong kita ikut KECAK.. Jai Hanyman Kecak eexperience Shiva Rea & Cudamani, ini kerasa banget spirit balinya, we go yell , Sirr tuk dat su sirrrr… dan ada beberapa nada yang beda – beda yang digabungkan menjadi nada yang kereeeennnn abisssssssss… waw salut to our indonesian KECAK dance… bisa membangun rasa spiritual yang sangat tinggi ….

pada hari biasa kita juga naik sepeda keliling ubud dan juga mengunjungi musium anthonio blanco, famous painter in Ubud and unique history..dan ada burung-burung lucu dan unique

Pada hari minggu .. aku ikut Vinyasa Flow Yoga dengan Ninie Ahmad uncovering the cakras, ngasih tau gerak2 untuk agar tidak akan pernah punya double chin (wuuu nice secret hah) dan untuk area tenggorokan …

lanjut dengan meditation dengan Gede Prama mengenai Agama yang Mendamaikan …. dia itulah yang mengajarkan kita untuk berpikir apapun yang terjadi anggap sebagai awan, jadi kalau lagi kejadian senang anggap itu awan yang cerah , kalau ada kejadian buruk awan yang hitam gelap…. tapi semua awan-awan itu intinya hanya akan melewati kita saja, kita harus bertindak sebagai langit yang cerah, jadi maupun awan buruk atau awan cerah yang lewat tidak akan mempengaruhi kita, mempengaruhi pun sedikit dan tidak terlalu attached dengan perasaan sang awan ….. nice one right….

Kelasku yang terakhir dan paling mengesankan adalah Shrivatsa Yoga… Surya dan Chandra Namaskar wow this unique person alias trainer ini bernama Matej Jurenka dan dia dari Slovakia.. waw… this is an amazing type of yoga that i’m so interested in …

He showed us the demonstration and then he also teach us some move of SHRIVATSA YOGA yang sangat sangat challenging dan membutuhkan kelenturan yang amat sangat ada yang sampe guling2 dan lipat melipat tubuh .. omg .. so good so great ..wonderful… he has me most impressed in this yoga festival.. diakhiri dengan kita laying down and then close our eyes and he would sing in slovatskia dan bersenandung menenangkan .. sangking tenangnya .. aku sampe merasakan ada kehangatan yang mengalir di tubuh gw … seriously.. make the body warm gt.. he is a unique one, dimana yang lain mengiringi meditasi atau closingnya dengan music atau lagu dari kaset, dia awal closingnya malah menyuruh kita menyatu dengan alam, dengan justru mendengar kepada alam, teriakan anak2 yang sedang main di kolam, jangkrik, pada kehidupan, dan berusaha menyatu dengan alam .. padahal ada sesi dengan trainer lain yang merasa keganggu dengan suara dari trainer di tempat lain yang memang keras suaranya, namun Matej mengajarkan kita untuk berdamai dengan kegaduhan dan suara2 ..๐Ÿ™‚ sip deh matej .. Oh ya matej memperkenalkan alat-alat tradisi slovatskia … music2 untuk mengiringi yoga.. very interesting untuk mengenal tradisi mereka .. gw seneng banget mengenal mengetahui budaya baru .. thanks Matej your presence not only to teach yoga but also to get us know your culture so appreciate it. Ternyata, isi pengajaran matej sangat padat sehingga kita bahkan sampai ngaret 1 jam lebih di saat closing itu… dan aku nyaris ketinggalan jemputan ke airport hehehe..๐Ÿ™‚ so hectic afterwards..

Karena matej sekarang jadi favoritku dan I wish ada Shrivatsa Yoga di Jakarta ini i will tell u a bit about Matej. Menurut http://www.jurenka-yoga.sk/index.php?option=com_content&view=article&id=47&Itemid=59&lang=en Matej mulai mengenal yoga semenjak umur 20.sekarang dia seorang praktisi vinyasa yoga yang sangat handal dan melakukan workshop kelas-kelas di berbagai tempat di dunia, yang terdekat nanti di Bangkok . Dia dapat teaching certificate dari Yoga India, dia sangat devoted ke mother earth dan healing powers.He believes in ecological and environmental solutions, global peace and social justice. He follows vegetarian Diet. Yogi are vegetarian , makanya pas lunch kita pun jadi makan2an vegetarian. ada yang enak, bentuk seperti bola daging dalamnya humus and its yummy namanya falafel sandwich .. so yummy …Go Matej, wish we all can be peaceful, recently di Jakarta hal yang sangat tidak peaceful terjadi di tanjung priuk… hiks..

So sad when the time has to end… gw harus pergi ..sedihnya .. soalnya ga cuti seninnya jadi sebagian workshop di minggu sore gw harus tinggalkan dan pesta malam harinya… oh ya lupa cerita malam minggunya juga ada pesta di ARMA and sumpah keren abis kompilasi antara gangga giri, yang dari australia dengan pemain pemain music bali kita ini .. saluuut and pesta yang meriah hingga ratusan orang kali memenuhi malem minggu tersebut di ARMA , UBUD…

hari minggu sore aku pulang pake prama… nice transportation and cheap bus dr ubud ke kuta hanya 60,000 udah dijemput di tempat tinggal kita Sehati guest house…

sambil nunggu penerbangan di kuta sambil saying goodbye to my greatest experience ever at the yoga fest… a nice short stop from the hecticness and yet the cool breeze peaceful make us ready to roar more challenges in Jakarta ..

sapa bilang yoga itu haram… yoga itu justru membuat kita lebih spiritual lagi.. lebih tenang lebih damai yang pada akhirnya insyaAllah membuat solat kita bisa lebih khusyu dan justru lebih mendekatkan diri dengan ketenangan yang dibawa yoga ke kehidupan spiritual kita juga.. that is my opinion.. merci beacoup muach muach

by Rifany Arlianti

7 Responses to “Bali Spirit Festival 2010 Experience!!…”

  1. Anin 15 April 2010 at 1:15 am #

    Hey, nice post u’ve got here!
    Oya, kamu kelupaan satu lagi tempat workshop shrivatsa yoga, di pool pavillion. Dan, mana nih, foto the three musketeer (fanny, anin, qis)?hehehehehe, gadenk. Setuju, keseluruhan festival ini sehat bukan untuk fisik saja, tapi juga ‘sehat’ untuk mental dan jiwa.

    • rifanyarlianti 15 April 2010 at 7:22 pm #

      hehe betul ya .. ada pool pavillion .. photo? tenang kemarin gw ngebet banget nulis blognya agak buru2 pengennya lebih detail lagihh.. ni mau nambahin info2 hehehehe….๐Ÿ™‚ so continue to yaga-ing? hehehe

  2. shakti 5 May 2010 at 8:38 am #

    hello,

    can you send me matej’s photos in big resolution?

    thanks,

    • rifanyarlianti 5 May 2010 at 4:00 pm #

      Dear Shakti,

      hi there, sure you can. I have sent you an email from my yahoo mail address.

    • rifanyarlianti 6 May 2010 at 8:32 am #

      Dear Shakti,

      I have already sent the photos of Matej to your yahoo account ya as requested. Enjoy! Nice to have a new friend from Slovakia! and Matej is really a great yoga trainer, i’m so fond of him! he not only taught about yoga (Shrivatsa yoga) but also regarding Slovakia’s culture. . very nice indeed…thanks for your comment on my blog..๐Ÿ™‚

      cheers…

      Fany

  3. Shakto 6 May 2010 at 9:10 am #

    Dear Fany,

    thank you very much, I really love you pictures! I only wish I had more time to practice yoga.

    Have a great day,

    Shakti

    • rifanyarlianti 7 May 2010 at 8:15 am #

      Dear Shakti, no problemo… make time for yoga… an hour a day… such relieving yoga.
      Have a great day to you too shakti..
      feel free to drop by anytime๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: