Bagaimana Membuat Level Energi Anda Tetap Tinggi

14 May

Anda sering kali merasa lelah bukan, apalagi apabila anda wanita karier, dan sekaligus ibu rumah tangga mengatur rumah juga di weekend, undangan ke kawinan tiap waktu, membuat rumah tetap bersih dan mengurus anak-anak dari memberi makan hingga mengajarkan mereka untuk menghadapi ujian di sekolah. WAW!! banyak sekali yang harus dilakukan.

Demi untuk membuat anda tetap berada di energi yang tinggi menghadapi semua yang dihadapi setiap harinya, ada tips-tips yang mungkin dapat membantu:

1. Hindari SNOOZE button.

Sering kali kita memasang weker bukan namun ketika pada pagi hari weker itu berbunyi ternyata kemudian kita matikan kembali. Ternyata itu merupakan kegiatan yang tidak menyehatikan . Kenapa? karena ternyata tambahan beberapa menit setelah kita mematikan tanda snooze itu hanya akan berpotensi merusak kualitas waktu tidur anda. Sehingga apa yang sebaiknya anda lakukan buat jadwal tidur jadi lebih cepat atau taruh alarm jauh dari tempat tidur. Saya sendiri pun biasanya taruh weker saya di bawah lantai agak jauh dr tempat tidur yang ketika mematikannya saya sudah dalam posisi terbangun dan turun dari tempat tidur, sehingga kemudian lanjutkan dengan aktivitas pagi seperti solat, membersihkan tempat tidur, etc. Satu trik lagi adalah , coba weekernya dinyalakan dengan suara2 yang mengerikan sehingga kita pun merasa serem kalau dibiarkan menyala-nyala alias tidak bangun. Weeker saya pun bunyinya bunyi kebon binatang dengan teriakan2 tarzan etc, yang kalau orang ga tahu bunyinya seperti suara hantu, sehingga setiap bunyi saya ada kecenderungan untuk cepat-cepat mematikiannya ga mau lama-lama dengar suara berhantu itu.

2. SPA – bahkan sendiri dirumah.

Lakukanlah kegiatan spa, setidaknya sekali sebulan atau 2x sebulan. Banyak rasa ketenangan yang dihasilkan dari SPA. Lakukanlah spa seperti creambath, foot bath, menicure, pedicure, massage, scrub, masker. Apabila tidak ada waktu atau dana yang memadai, lakukanlah dirumah. Hal itu sebenarnya lebih enjoyable, menikmati “me time”nya anda dan the bathroom is all yours. Memandikan kaki anda dengan salt water, kemudian creambath pijat – pijat kepala dan bungkus saja dengan handuk panas. Rasanya tak tergantikan. Apalagi ketika anda habis pulang kantor, bercapai-capai naik transjakarta dan basah kuyup juga.

Begitu pula dengan pijat-pijatan. Rasanya tenang sekali. Jangan lupa pijat telinga. Telinga adalah bagian tubuh yang punya banyak ujung saraf yang banyak dan penuh dengan titik-titik akupunktur.

3. Jangan sampai dehidrasi.

Minum hingga 8 gelas sehari. apabila anda minum kurang dari itu, kemungkinan besar tubuh akan dehidrasi. Dehidrasi membuat orang lebih capai dan rentan penyakit. Apakah anda masih kurang minum? Tapi tidak juga dehidrasi dihilangkan dengan minum kopi. Karena faktanya kopi memang dapat memberi energi tepat pada tubuh namun apabila lebih dari 3x maka mengakibatkan tubuh kelelahan, kehabisan energi, marah dan gugup serta mudah marah. Walau anda ketergantungan kopi, bisa diganti dengan produk decafeined. Disarankan lagi minum banyak susu atau green tea, kafeinnya lebih sedikit dr kopi.

4. Postur tubuh yang baik.

Biasakan berdiri, duduk, apapun dengan postur tubuh yang baik. Postur tubuh yang buruk dapat membuat aliran darah dan oksigen mengalir ke otak berkurang sehingga 30% saja. Salah duduk atau salah posisi dalam mengetik dan membaca bisa membuat pegal leher hanya dalam hitungan menit saja.

Bagaimanakah postur tubuh yang baik? duduk dengan punggung tegak segaris dengan sandaran pada kursi yang didiuduki oleh kita. Harus ingat selalu kita harus menjaga posisi lutut sedikit lebih tinggi dari lutut kita.

Apabila menginginkan perut yang flat tanpa lemak, biasakan diri anda dulu dengan postur yang baik, sehingga lemak perut tidak akan menggumpal, lipat gulipat menjadi satu dengan postur anda yang tidak baik dan membungkuk. Bayangkan apabila kita pun risih melihat perut kita tidak sedap dipandang mata maka kita akan membawa pikiran kita ke luar dan menjadi persis apa yang dibayangkan orang. Mereka akan melihat anda tidak sedap dipandang mata. Oleh sebab itu, selain juga dalam kondisi sadar taruh posisi anda ke posisi yang baik, dan selalu bayangkan diri anda sudah mempunyai perut yang rata, ditambah dengan postur anda yang baik menjadi 1 step ahead dalam penurunan berat badan.

5. Keampuhan wangi-wangian.

Biasanya tanda mengantuk adalah pada pukul 3 sore. semprotkanlah yang segar – segar. Bahkan untuk minuman pun secangkir teh pepermint sudah dapat membantu kita memperoleh semangat yang dibutuhkan. Membantu sistem pencernaan dan memerangi bau nafas yang tidak begitu sedap.

6. Mendengarkan music yang bersemangat.

Setiap orang sebaiknya memiliki musik yanbg mengungkapkan semangatnya. Saya pun punya beragam music yang saya suka untuk meningkatkan rasa motivasi. Jason Mraz, Black Eyed Peas adalah musik utama yang saya anggap penyemangat. Semua lagu-lagu black eyed peas, membuat hidup saya menjadi lebih bervariasi dengan nada-nada dan gerakan dance yang saya hasilkan karena mendengarkan lagu itu. Juga kadang-kadang membuat kita menjadi penyanyi dadakan dengan gayanya yang ajaib. Tapi that’s life. Life is not flat, and life is not boring. Hal-halk kecil itu pun yang membuat kita semangat lagi hari demi harinya. Contohnya: Pagi hari ketika bangun tidur, nyalakan radio, ikutan semangat dengan semangat pagi radio. Ketika akan jalan naik busway, pasti tidak akan lupa menyiapkan headset buat mendengarkan lagu di sepanjang perjalanan menuju ke kantor, dengan dialunkan lagu black eyed peas, lady gaga, semangat jalan kaki, naik busway jadi lebih cepat dan lebih upbeat. Satu keunggulan lagi, dapat menjadikan diri lebih kurus dengan semangat jalan kaki yang tinggi, penuh semangat dan pantang patah semangat .

Begitulah sekiranya yang dapat meningkatkan energi level anda. Jangan patah semangat, semua orang pasti ingin meningkatkan energi levelnya, apalagi anda-anda yang sedang berdiet, kadang kehilangan energi membuat anda patah semangat dan membatalkan niat diet dan olahraga anda.

ENJOY ….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: