yoyo diet – anda tidak sendirian… & cara mengatasinya

3 Jun

need help on the yoyo diet

Pastinya perasaan yang sangat negatif terjadi apabila anda mengalami yoyo diet .. dan perasaan negatif juga muncul kalau anda merasakan semua perjuangan diet anda larut dengan sia-sia dikala anda menginjakkan kaki ditimbangan dan melihat, “apa? aku beratnya sudah seperti semula??” atau turun 9 kg naiknya 7 kg , atau turun 5kg kemudian naik lagi menjadi 6kg malahan.

Di saat itu, pada kala itu dan pada waktu itu anda pasti berpikiran bahwa, sial kenapa saya orang tersial di dunia, semua pasti serba kacau, mood kacau, moody, marah dan pada akhirnya akan berakhir ke emotional eating.

Makan dengan membabi buta karena kemarahan kenyataan bahwa anda tidak bisa mempertahankan berat anda. Pada saat itu anda akan merasa,”mengapa saya satu-satunya orang tersial yang mengalami masalah ini” “mengapa saya naik berat badan lagi” “mengapa semua usaha sia-sia?” “kenapa nurunin susah benar naik gampang benar??”

TANYA KENAPA,………………..

Itu karena terlena dengan penurunan berat yang ok, yang sukses.. yang berimpact pada hasil dan pujian yang membabi buta mengenai betapa anda sangat sukses menurunkan berat badan…
hingga anda terlena…

wow,.. turunnya ok lho, 11 kg… kok bisa sih? anda jadi inspiratif banyak orang.. gini lho begitu lho…. siph..
tapi kemudian seperti alasan semua orang yang naik kembali berat badannya.. ” waktu itu pas lagi lebaran, mulai lepas kontrol” jadi ketika hari raya, seperti .. semua diet harus dilepaskan .. kan anda merayakan.. ya ga? ternyata tidak .. semua itu mempunyai titik awalnya, titik awal dimana anda tidak lagi berdiet , titik awal dimana anda tidak lagi khawatir akan asupan kalori, dan alangkah sangat baiknya apabila titik awal itu bisa dihindari..

tidak ada alasan sebenarnya kalau itu bermula dari ketika lebaran/ natal intinya anda mau merubah pola makan tidak ,..

kalau tidak mau tetap memperhatikan pola makan setelah sukses, anda akan diawali dengan, hmmm berat saya masih segini, i have lost a lot and its very good, im very satisfied. Kemudian, mulailah dengan waw lo harus makan2 yang tidak di list Sehat anda seperti Junkfood, ayam etc etc, naiklah 1 kg, yang ada dipikiran anda ,.. ohhh masih 1 kg tenang aja,.. masih kurus kok banget deh ..🙂 terus anda beberapa kali masih bergeming hmm makan ga ya kuenya tp enak banget .. dan beberapa saat naiklah 3 kg lagi, namun dipikiran anda, oh masih bisa ditoleransikan, dan usaha2 lainnya pun memudar, seperti olahraga pagi etc. Ditambah anda mempunyai rencana2 lain, yang totally lawan dari tujuan menguruskan anda, seperti having a baby dan tidak boleh kelelahan..

perlahan tapi pasti anda meninggalkan pola sehatmu .. dan meninggalkan olahragamu, ditambah perasaan2 negatif yang selalu bermunculan dikala berat badan anda yang sudah anda buang anda masukkan kembali.

Pertama-tama, yang perlu diketahui, adalah anda sama sekali tidak sendirian. Ini adalah sifat alami dari setiap orang yang sudah pernah sukses… terlena, atau terlepas atau apapun namanya itu. Banyak orang-orang yang cerita ke saya, ” fan, gw tuh ya karena terlena gw dah nurunin banyak, jadinya pas makan kayaknya ok2 aja, dan naik balik lagi” atau ada juga alasan lain, ” saya ini karena anak2 saya, saya mau memberikan yang terbaik buat mereka, saya pengen sih aerobik, menguruskan badan dan lain-lainnya, tapi nanti deh tunggu anak2 saya masuk smp (sedangkan sekarang anaknya masih sd kelas 1) Setiap saya beri suggestion, “ya kan bisa sambil olahraga” namun kemudian ujarnya, namun anak2 tidak bisa ditinggal, dijaga terus etc, ..
jadi apakah itu? semua adalah alasan demi alasan, yang menghalangi anda untuk memiliki badan yang sehat yang langsing yang tak banyak penyakit dikemudian hari.

Hidup itu adalah pilihan, banyak pilihan memang tapi sekali lagi saya tanyakan, tak bisakah pilihan itu saling hidup berdampingan? .. mengurus anak, sambil olahraga,..

Banyak juga kok inspiratif story lainnya, dimana ibu muda badannya masih seperti Primadona, semua pasti beralasan,”itu badannya dah dari sananya langsing” “tulangku besar” tulang besar tidak masalah, hanya yang masalah adalah kandungan lemak yang melapisi tulang kok..

Ibu muda yang punya anak itu, setiap pulang kerja menyempati diri aerobik, hanya 1 jam saja, kemudian dia makan dengang pola hidup sehat dan tidak mengemil yang tidak penting , namun tetap makan 5x dengan selingan sehat seperti roti gandum, atau buah2an.

Jadi awali lah tujuan anda berikutnya dengan perasaan “aku tidak sendirian” karena kalau anda merasa anda satu2nya yang tidak bisa menguruskan berat badan dimana yang lain bisa, atau kecenderungan manusia yang biasa membandingkan dengan yang lebih kurus , lebih putih, lebih segala-galanya, itu bisa nanti menjadi emotional eating cases,.. dimana makan yang didominasi dengan perasaan anda itu pun akan berakibat fatal, ke menjadi yoyo diet syndrome juga..

Apa yang menyebabkan yoyo

Adalah apabila diet anda di dalamnya ada unsur kelaparan, skip makanan atau kalori yang sangat rendah.
walau hasilnya seperti dapat bisa diterima cepat namun ternyata seperti yang pernah dibahas oleh para pakar, ketika diet extrem itu badan anda merasakan bahwa ada sedikit kalori yang masuk, tubuh beradaptasi dengan itu dan memutuskan bahwa cadangan makanan harus disimpan dan kemudian metabolisme (cara tubuh membakar makanan untuk energi) mulai pelan. Saat ini adalah dikala anda merasakan ‘plateau’ disaat weight loss anda yang awalnya banyak menjadi lebih dikit, atau bahkan stop sama sekali.

Banyak orang menjadi stress pada tahap ini, dan ingin mempertahankan diet namun berat badan kembali naik, dan yang lebih parah adalah
semakin turun metabolisme makin mereka naik berat badannya. Kalpri yang sangat sedikit bisa membuat hilang otot anda. Kurangnya otot sekali lagi mengurangi metabolisme, tanda2nya biasanya adalah tangan yang bergelambir dari kurangnya tricep ototnya

Hal ini sangat merupakan penyakit mental dimana anda melakukan semua diet itu dengan hanya menghasilkan berat awal anda pada akhirnya.

Jadi, dari pada langsung diet extrim, memang sebaiknya jadikan diet itu sebagai proses agar hasilnya bisa menjadi untuk jangka waktu panjang.

hidup sehat dengan olahraga

hidup sehat dengan olahraga

* Berpusat untuk penurunan berat badan yang bisa ditoleransi. (kurang sedikit berat juga dapat memperbaiki keselahan anda.

* mengurangi kalori dengan pelan2 (apabila anda membaca blog saya sebelumnya saya sudah berikan proses turun pelan2)

* Selalu berpikir bahwa diet anda adalah rencana makan sehat dan bukan diet

* Lihat dan ganti gaya hidup anda dalam hal aktivitas

* untuk mencegah adanya berat badan yang tidak bisa turun lagi maka anda harus menaikan metabolisme dengan menambah aktivitas fisik anda. dan apabila anda skip makan maka bisa menurunkan metabolisme anda.
* Jangan skip makan pagi!
* rencanakan memiliki berat badan yang turun dan dapat dipertahankan, turunkan 1 kg per minggu maksimal.

mungkin diet anda bersifat emosional,kalau sedang stress tidak makan seharian, namun kalau sedang bosan anda menuju kulkas.

Kalau makan berdasarkan emosi, anda harus lihat kondisi. mungkin lunch anda harus jalan dulu untuk break.jalan kaki sebentar tidak salah sebelum makan siang.

Ajak teman2 beraktivitas di ultah anda, seperti karaoke, atau dance daripada makan cake dan es krim. makan snak yang sehat seperti wortel stik atau aple yang bisa diambil kalau lagi sibuk

Jangan terlalu lapar, kalau lapar biasanya pilihan makanannya buruk atau terlalu banyak makan.

Jangan makan 100% ful karena badan akan puas dalam 60% kapasitas makan. Tidak apa meninggalkan makanan di tempat makan, anda tidak akan membantu negara kekurangan makan kalau anda membersihkan piring.

Sadari apa yang bisa dilakukan junk food pada anda dan hilangkanlah JUNKFOOD di dictionary anda, dan makanlah yang sehat seperti roti gandum, buah dan sayuran

Selalu buat tanda di meja mengenai goal anda. seperti: 1 tahun saya mau masih langsing. atau dikulkas ada tulisan “jangan cheating, kalau cheating sama goal saya maka saya curang pada diri sendiri. Kalau saya di kulkas ada boneka gemuk lucu bertuliskan “Back Off Fatso dan dengan gambar Boneka ndut yang mengingatkan anda ke kegemukaan”

Kalau pun anda makan kebablasan jangan keterusan. kembali ke tujuan, bukan besok, tapi hari ini, disaat anda sedang sadar, jangan besok ah saya mau olahraga, besok ah mau makan sehat etc. Harus sekarang.

* Selalu aktif, dimana pun kapanpun, hal sekecilpun bisa berkontribusi dalam penurunan berat badan. kombinasi makan sehat dan olah raga
* Perhatikan jumlah makanan. Ingat metode Piring di pikiran anda.
1/2 piring harus berupa buah dan sayuran, 1/4 nya harus roti gandum, atau pasta, atau nasi merah atau kentang, dan 1/4nya lagi protein (ikan, ayam, daging atau kacang2an)

* Cari teman diet. Akan selalu lebih mudah dan tidak merasa sendiri dalam perjuangan weight loss ini.
Mengurangi berat badan dan mempertahankannya bukanlah sebuah mimpi. Tetap positive, selalu maju ketika susah dan jangan pernah diet yang tidak benar dan terlalu singkat mulai hargai hidup dan tubuh dan makanan anda

GOOD LUCK !!

by: Rifany A.
beberapa nara sumber: http://www.freedieting.com/yoyo_dieting.htm
http://www.thedietchannel.com/Yo-Yo-Dieting-Break-the-Yo-Yo-Diet-Cycle.htm

Sumber photo: http://www.freedigitalphotos.net/images/Health_And_Medical_g66.html

2 Responses to “yoyo diet – anda tidak sendirian… & cara mengatasinya”

  1. pucha 18 February 2011 at 11:29 am #

    makasieh buat infonya y mbak…

    • rifanyarlianti 20 February 2011 at 8:16 am #

      Dear Pucha,,,, thanks for the comment🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: