Berpuasa dan Berdiet

14 Aug

Saat ini kita memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang suci untuk kembali fitri. Hanya diwaktu inilah kita bisa melihat suasana ramai dipinggir jalan, orang-orang berjualan biji salak, kolak, etc dan penuh juga orang yang ramai berbondong-bondong membeli makanan itu menjelang bukpus. Dan hanya di saat inilah kita melihat orang-orang sholat berjamaah melaksanakan tarawih, melaksanakan sahur dan berbuka puasa dan saling maaf-maafan.

Memang tujuan utama kita adalah untuk beribadah tentunya, kepada yang Maha Kuasa, untuk melaksanakan ibadah puasa ini agar afdol dan diterima oleh-Nya. Namun, tidak berarti kita dapat mengambil efek positif kesehatan juga dari segi berpuasa. Apabila kita bisa beribadah dengan khusyu dan sekaligus bisa mensukseskan program diet kita kenapa tidak tanpa mengurangi esensi puasa itu sendiri.

Pertama – tama, kesalahan klise yang sering diperbuat kita yang sedang puasa adalah dengan jor-joran berbuka dengan biji salak, dengan kolak dengan yang manis sirup-sirup yang mengakibatkan gula banyak dikonsumsi. Tak heran banyak yang turun hanya 1 kg ato 2 kg kemudian ketika setelah lebaran kembali naik ke berat semula atau bahkan malah lebih. Hal yang sering menjadi alasan utama orang-orang adalah “kan lebaran,, makanan banyak banget naik deh”.

Karena itu sebenarnya semua kembali lagi ke kitanya. niat awal dari ingin hidup sehat. Ingin memiliki masa depan yang tidak penuh dengan penyakit. walau jangka waktu hidup ditentukan oleh Allah, namun kita patut menjaga badan kita, menjaga karunia Tuhan kita untuk tidak merusak diri kita, karena lapisan – lapisan lemak itu kelak akan menjadi penyakit, penyakit yang mematikan, apakah itu akan berlangsung lama, pengobatan yang tidak murah, dan sangat akan membebani keluarga kita, anak-anak kita untuk mengurus kita. Apakah kita mau menjadi beban untuk mereka. Mendapatkan kita memiliki penyakit kolesterol dan asam urat dan diabetes dll yang sebenernya masih bisa diprevensi oleh kita dengan pola makan sehat.

Banyak orang merasa sayang kita tidak menikmati hidup kalau tidak makan enak. Namun, ternyata makan enak itu pun mematikan. Kita harus makan ada batasannya. boleh makan tiramisu, namun hanya sekali dalam seminggu dan dengan porsi kecil , karena sekali lagi ditekankan dalam seharinya kita hanya boleh makan gula 2 sendok teh, masakan sendiri pun penuh dengan gula, teh dengan gula, kue apalagi, apakita mau meracuni tubuh kita dengan junk food junk food ini.

Makanan sehat , apabila kita sudah terbiasa, akan menjadi makanan yang enak juga.

Dalam puasa ini kita ada Sahur, sebaiknya dalam sahur makanan kita diperbanyak dengan sayur-sayuran dan lauk seperti tempe bacem dll. Soup pada saat sahur juga akan menjadi sesuatu yang menyegarkan dan hangat-hangat. Sedangkan untuk buka puasa, kita jangan makan terlalu banyak yang manis, cukup 2 kurma, ato 1 biji salak meal kemudian sholat magrib baru dinner dengan nasi yang tidak banyak 3 sendok makan saja dan lauk yang sehat. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah untuk kebutuhan vitamin seperti jeruk dengan vitamin Cnya, semua yang natural itu adalah baik untuk anda.

Bagaimana dengan olahraga,

Kalau menurut pakar Denny Santoso sebaiknya olahraga pas ketika sedang sahur, dengan treadmil atau keliling rumah. Denny Santoso juga menyarankan bisa juga dilaksanakan setelah tarawih. Memang hal itu kadang sulit dilakukan menurut saya karena pagi biasanya kita tidak olahraga lagi dan setelah tarawih biasanya agak terlalu malam maka menurut saya bisa juga menjelang buka puasa. Olahraga ringan namun cukup mengeluarkan keringat dan memompa jantung anda karena tak lama maka akan berkumandang waktu buka puasa dan anda bisa langsung minum. Pada saat sahur pun bisa saja anda menginjak treadmil selama 20 menit sebelum sahur dimulai, cukup ko asalkan ada olahraganya dalam hari-hari anda berpuasa.

Apabila hal ini dilakukan terus menerus anda akan menemukan perubahan berat badan yang signifikan, pola makan kita pun teratur hanya sahur dan ketika buka, beda ketika anda tidak sedang puasa anda banyak mempunyai waktu mengemil, kadang waktu mengemil pun tidak terjadwal, sepanjang ada snak ato makanan itulah waktu anda makan. Padahal yang bagus ketika di hari biasa pun, kita mengemil dengan jadwal yaitu jam 10 dan jam 4. dimana makanpagi jam 6.30 siang jam 12 siang dan malam maximal jam 7 malam.

jadi apabila anda siap untuk mengambil moment bahagia ini yakni bulan Ramadhan sekalian juga untuk batu loncatan perubahan pola makan anda dan olah-raga maka silahkan anda mulai untuk melakukan hal-hal yang disarankan tadi. Tahanlah nafsu makan anda. Anda bisa dan anda harus yakin anda bisa merubahnya. Setiap orang pasti akan menyarankan anda untuk selalu positif dan percaya anda bisa. Saya tahu kadang keadaan tidak mensupport untuk anda menjadi positif, namun hal itu memang harus diperjuangkan, ketika anda jatuh / berat badan anda naik lagi ke berat semula setelah semua hasil kerja keras anda menurunkan, jangan kemudian terpuruk dan malah makan lebih banyak lagi, namun usaha lagi, coba lagi, karena usaha itu akan berlangsung seumur hidup dan selama melakukannya, enjoy saja, bahagia dan bersemangat dalam pengerjaannya.

Kita bisa selalu mengacu kepada kisah sukses yang menjadi inspiratif, kita sudah melihat dan membaca banyak cara menurunkan berat badan, sekarang ini tinggal praktek praktek dan praktek, praktekan semua saran, semua kisah inspiratif yang anda telah baca dan terapkan dalam hidup anda, jadikan itu seperti sesuatu yang sudah menempel dari anda dari bagian hidup anda untuk selalu pola makan sehat dan berolahraga, karena meman itu kunci satu – satunya yang sehat dan aman dan murah untuk dilakukan.

Pada saat puasa ini, selain anda detox racun-racun kehidupan seperti amarah, kecewa, ketidak syukuran, tapi anda juga harus detoksifikasi diri anda dari makanan-makanan tidak berguna, detoks dengan jus buah detoks dengan makanan sehat detoks dengan nasi merah dengan oatmeal dari nasi putih ..

anda bisa dan mari laksanakan ..

apabila mau berbagi tentang kesuksesan diet anda di bulan ramadhan silahkan comment ke saya nanti bisa kirim ke email saya untuk dijadikan cerita sukses penurunan berat badan di blog ini ..

Mari berjuang dan selamat ibadah puasa!

Cheers, … ke kehidupan yang lebih baik dan akan selalu ke kehidupan yang lebih baik …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: