Manusia biasanya terlambat dalam mengambil aksi untuk hidup sehat

3 Dec

Ada kalanya kita sedang sangat semangat2nya menjaga kondisi kesehatan kita, dimana kita makan yang sangat dijaga, tidak makan junk food, makan nasi merah dan gemar berolahraga.

Namun juga kebanyakan hal itu hanya berlangsung temporary, karena ada kawinan, atau ikut lomba, etc.

Biasanya kita akan merasa kepepet kalau ternyata kita sudah terlanjur divonis dengan penyakit2 seperti “jantung, kholesterol, bahkan penyakit2 mata”.

Saya punya tmn yg divonis matanya akan buta kalau dia tidak mengikuti anjuran dokter. Ternyata memang syarafnya agak lemah dan ternyata faktor makan kita mempengaruhi.

Dia paling hobi untuk makan nasi goreng kambing, gorengan dan lain lain. Pokoknya tidak ada pantangan. Namun karena divonis itulah sang dokter kemudian memberikan resep obat dan juga untuk pola makannya diharuskan makan sawi, wortel, buah, dan dijus. Pagi mungkin makan kentang saja, siang makannya bisa hanya urap.

Dulu2 boro2 dia akan berhenti makan junkfood2, semua makanan yg dia suka. Namun sekarang mau tidak mau dia disarankan untuk menjadi seorang vegetarian.

Ada juga yang baru mau hidup sehat karna sudah divonis penyakit jantung, ring nya sudah 3 dan dia sudah tidak bs menikmati makanan enak. Dimana semua tamu2 yang dijamunya bisa makan semua makanan lezat yang dia sediakan, dua hanya bisa memakan ayam rebus ala katering diet sehat yang harganya pun selangit padahal rasanya pun tak ada rasa.

Apakah kita mau? Memakan sepuasnya saat ini, saat remaja, maupun 30tahunan dan suatu waktu BOOM selayaknya bom waktu tiba2 kita tdk boleh memakan semua makanan yang kita biasa makan sehari-harinya.

Percayalah dan harap ditekankan that we are what we eat ..
Kesehatan kita nanti tergantung dr apa yang kita makan sekarang, saat masih kecil etc..

Aku pernah baca di suatu majalah. Kalau ada seorang calon ibu yg divonis untuk susah punya anak, bahkan mgkn tak punya anak, karena ginjalnya sudah hancur. Setelah dianalisa, dia baru ingat masa kecilnya dia habiskan banyak minum minuman berkemasan dalam sehari bisa 10 minuman berkemasan yang manis2.

Hal itu mempunyai impact diumurnya yang ke25 bahwa ginjalnya telah hancur, mempunyai banyak impact ke kehidupan pribadinya, dimana seharusnya dia sedang menikmati awal2 pernikahannya.

Maukah kita seperti itu? Tentu tidak. Marilah kita mulai, makan yang sehat.. Makan yang tidak terlalu extreme diet tp tidak juga makan enak tiap hari, sebaiknya makan sehat 5 kali dalam seminggu namun di weekend bs menikmati sedikit makan enak dan bs dilakukan hingga masa tua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: