Kelas Teacher Training “PERFECT CLASS” di “NAMASTE”

10 Dec

Melanjutkan perbincangan kemarin mengenai NAMASTE YOGA festival, saya akan menshare tips dan pembelajaran yang sudah saya dapatkan di NAMASTE Yoga terutama tentang mengatur kelas yoga.

Pertama-tama saya akan membahas mengenai yoga dan commercial yoga yang dibahas di diskusi panel. Menurut para ahli yoga sekarang ini sangat banyak corporatise yoga. Apabila anda ingin yoga sebenarnya pengajaran 1 on 1 teaching guide itu adalah yang paling tepat.Sekarang banyak yoga yang commercial, yang mengajarkan 100 orang lebih itu tidak masuk akal menurut david, pelatih yoga dari san francisco.

Perbedaan dari yoga ada yang yoga Traditional dan contemporary. Kalau yang western yoga. Itu biasanya gerakan yang langsung, dan penuh dengan challenge, kalau yang east yoga gerakannya sangat feminine,. Characternya. Beda sekali cara pandangannya, western yoga penuh dengan aspiration, bergerak menuju tujuan, fleksibilitas, kekuatan dan bahkan bicaranya pun dengan kencang.

Kalau yoga di asia lebih di flexibility, menurut Tweet, pelatih Yoga yang mempunyai kelas2 YOGA di BALI. Dia menambahkan, “anything that should happen, the universe will make harmony, bring in balance, ask for balance”. Menurut tweet juga kita harus merawat “rumah” kita. Rumah disini maksudnya tubuh kita nanti dunia akan mengatur yang lainnya. Termasuk dalam memelihara tubuh kita adalah dengan olahraga, salah satunya adalah fleksibilitas di YOGA ini. Olahraga membantu kita memantain tubuh kita. Jadi ingat ya, olahraga itu tidak hanya untuk menguruskan tapi mempertahankan kesehatan. Menurut Tweet juga, east yoga itu lebih pendahulu dari west yoga dan pake lunar clendar, sedangkan western pake solar calendar.

Mari kita lanjutkan ke kelas YOGA Yang diadakan oleh Patrick Creelman – Anusara Yoga

Websitenya Patrick: http://www.pure-yoga.com

Patrick Creelman mengajar lebih ke tradisi dari ANUSARA YOGA. Kelas-kelasnya dikenal sebagai kelas yang fun sekali, karena dia sendiri pun orangnya lucu dan pengajarannya adalah dari Ram Dass di kehidupannya dia. Dia telah melakukan eksplorasi di spirit of yoga selama lebih dari 10 tahun. Dia ketemu dengan John Friend, gurunya pada awal 2002 dan telah belajar dengan dia ke seluruh dunia

Kelas2 yang diajarkan patrick


Learning to Fly disini dia Belajar arm balance

The Heart of the Yogi
membuka level YOGI masing2 orang

Rockin Flow
flowing yoga pada akhir pengajarannya

The Perfect Class

Diajarkan apa yang di perlukan untuk menjadi guru yoga yang sangat inspiring dan juga apa teknik2 yang bagus untuk mengajar , untuk para guru maupun murid yang ingin mengerti struktur yoga dan membantu berlatih. Ada latihan dan juga diskusi dalam teknik dan ide-ide untuk mengangkat kelas anda lebih baik. 50% Practice, 50% Lecture.

Kelas Yoga

Dalam mengajar kelas yoga, paling penting adalah opening. Salam dari seorang guru ke siswanya sangatlah penting. Siswa sudah memiliki hari yang sangat penuh seharian dan melelahkan. Jadi alangkah senangnya ketika mereka sudah rela datang ke kelas yoga anda malam2 bermacet-macetan dan kemudian mendengar ramahnya anda dan menanyakan kabar yang lumatan detail atau suatu perkataan seperti: Hi, Good to see you, great to see you.. hal itu akan membuat siswa kita senang hatinya dan nantinya betah.

diperlukan 3A’s . Apa saja itu :
Attitude: Positive, Calm , inspired, passionate
Alignment: Techniques, main message
Action: Sequence –> kesempatan untuk mengaplikasikan teknik2 apa saja yang kita telah pelajari sehingga kita sehingga kita dapat memiliki transformasi dari mengajarkan yoga ini yang bisa membangun siswa-siswa.

Dalam kelas yoga, sebaiknya kita menggunakan AFFIRMING WORDS, NOT NEGATIVE.
Contohnya: Lakukan ini
Sebaliknya harap tidak bilang: Jangan Lakukan ini (negative)

Kita harus dapat memberikan pesan utama dari kelas yoga yang kita berikan.
Mengapa kita mempraktekkan yoga etc. Contohnya: Personal Mantra.

Pada alignment : bagaimana anda melakukan sequencenya.
– Mengerti apa yang anda ingin siswa anda pahami/berhasil lakukan setelah kamu mengajar mereka.
– Bagaimana anda membantu siswa anda. Mengetahui level siswa dan apa yang anda ketahui yang bisa membantu mereka.

Biasanya kalau mengajar murid-murid ada berbagai level , yang umum adalah sebagai berikut:
– Beginner
-Intermediate
-Advance

Dalam format kelas selama 1 jam itu terdiri dari:

1. Opening : dimana disini biasanya siswa akan di berikan salam terlebih dahulu, beritahu apa yang akan diajarkan pada hari itu, dan juga memberikan meditasi.
2. Detailed disini ada peak pose: gerakan yang sangat puncak dimana nanti siswa akan merasa terpuaskan Kemudian dari tahap peak itu turun lagi menjadi simple dengan adanya cooldown dan akhirnya adalah CLOSING.

Warm up:
Biasanya di warm up dilakukan
-Sun Salutation Surya Namaskar

First Sequence:
– Cat Cow
– Downward facing dog
– Child pose
– stand up
– simple stretches warm up
– shoulder
-uthasana ke bawah
-lunges
– cobra

The work:
Warrior 1, 2, trikanasana. twist, all that, 25 standing poses, 10 essential standing poses (Chose)
sesuatu yang menyentuh lantai adalah keseimbangan.

Badan anda adalah fndasi anda, presisi yang tepat. Banyak guru yang melewatkan itu. Tangan dan kaki merupakan struktur yang simple.

Kemudian repetisi untuk mengulang dan memperbaiki.

Pada masa awal dan masa akhir ingatkan mereka apa yang paling penting dari seorang yogi: Attitude.

Jangan terlalu nafsu, nanti kalau kita tidak bisa memenuhi itu nanti yang ada kita bisa frustasi, grumpy marah marah padahal kenyataannya hidup itu seperti ombak, dan itu adalah alami. Jadi janganlah kita terlalu sedih atau pun terlalu senang kalau ada hal yang menyedihkan atau hal yang menyenangkan terjadi di kehidupan kita. Techniquenya adalah lebih positive, ketika anda memiliki hari-hari yang berat harap selalu lihat yang baiknya ya. Pada akhirnya, kita memberikan apa kesempatan bagi siswa kita untuk memberikan tujuan (goal) dalam sesi yoga yang kita berikan ini.

Kita harus mengecek kesehatan mereka secara umum, adakah yang bermasalah etc.

untuk peaknya kita pakai standing poses, backward bend.

Jadi kalau untuk timing sebaiknya:
Standby- 30 detik hingga 1 menit
Shitting poses – 1 menit
Arm balances – 15 detik
duduk dulu sebelum bangkit lagi, jangan langsung bangkit

Tips-tips diatas bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas kelas yoga anda. Semoga kita semua bisa saling berbagi kepada siswa-siswa gerakan-gerakan yoga yang kita pahami.

2 Responses to “Kelas Teacher Training “PERFECT CLASS” di “NAMASTE””

  1. Resti 29 January 2011 at 5:09 pm #

    I find your blog is really inspiring. It motivates me to live healthily. Moreover, I love about the yoga articles you wrote. Hope you will continuously share about yoga🙂.

    • rifanyarlianti 29 January 2011 at 8:24 pm #

      Thank you Resti for your compliment. So glad to hear that i could inspire you. i will try to always update new info about health and all info in fitness.. j’adore yoga aussi..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: