Resolusi 2011 & perenungan akhir tahun

31 Dec

Memasuki akhir tahun 2010 ini, sudahkah anda merenungi kegiatan apa saja yang telah anda lakukan pada tahun 2010 ini. Apakah anda mempunyai list resolusi 2010 kemarin dan sudahkah anda memenuhinya.

Jujur saja, list saya ada 10 termasuk didalamnya makan sehat, belajar perancis, belajar masak dll. Namun dari 10 itu hanya 4 yang terpenuhi termasuk di antaranya belajar perancis lebih dalam. Namun ternyata masih ada 6 yang belum dan hal itu menunjukkan juga kalau resolusi yang saya buat belum terlalu saya tanggapi dengan serius. Menurut majalah Aquila, pembuatan resolusi hanyalah untuk orang-orang yang berkomitmen, dan kadang saya berpikir apakah saya banyak membuang waktu? menyia-nyiakan tahun 2010 yang menurut saya begitu berlalu dengan cepat.

Oleh sebab itu, saya mengajak semuanya dalam memasuki tahun 2011 ini, kita luangkan waktu sejenak merenungi perjalanan kita sepanjang 2010 kemarin, hal-hal apakah yang telah kita lakukan, tentunya semua orang menginginkan tahun depan lebih baik dari tahun ini. Dan untuk memenuhi itu tentunya ada self balance score card, jadi melihat semua kegiatan kita. Tujuan hidup apa sih? kalau menurut saya sendiri tujuannya adalah untuk life after life. Kehidupan setelah hidup di dunia.

Pasti anda sering mendengar orang berkata, hidup ini hanya sementara. Dunia adalah panggung sandiwara dan dalam panggung itu anda menentukan diri anda mau menjadi aktor atau aktris yang seperti apa? apakah peran yang antagonis, menjadi orang jahat atau orang yang baik yang bertujuan ke life after life tadi.

Tabungan kebaikan itu susah karena kadang kita terbawa apa yang dinamakan emosi, dan emosi itu kadang di influence oleh faktor2 sifat manusiawi, seperti marah , kecewa, iri dengki. Perlu diingatkan sekali lagi menurut ahli meditasi, bawa hati anda seperti langit yang cerah , jadi walau pun berkali-kali awan lewat, baik itu awan buruk atau awan cerah, tak akan mempengaruhi hati anda, boleh mempengaruhi namun hanya sedikit, jadi anda akan selalu merasa lega dan tenang.

Susah memang mempraktikannya tapi apakah salah kita untuk mencoba.

Kembali ke resolusi akhir tahun, sering saya dengar dari teman – teman saya mengenai resolusi yang mereka buat, ada yang bilang mau turun 8 kilo ada yang bilang mau olahraga etc. Tapi seiring dengan berjalannya waktu ternyata mereka tidak mempunyai waktu untuk melakukan semua yang mereka anggap “perfect resolution”. Kendalanya? bisa dapat ditebak, “kerjaan gw”, ” ga ada waktu olahraga”, “makanannya enak2”

well, ga ada waktu? make time then. Time to decide your priorities in life. Kalau semua resolusi itu sangat anda inginkan dan berimpact baik untuk anda kenapa tidak anda lakukan saja, anda luangkan waktu. Belajar dari banyak cerita sukses penurunan berat badan, all you need is consistency, hanya 3x dalam seminggu dan 1 jam saja , atau 30 menit sudah memberi impact kepada kesehatan anda. Ada yang takut kalau udah olaharaga, nanti kalau berhenti malah jadi parah. Jadi maksudnya? mending tidak olahraga sama sekali ? salah besar. Masih lebih beneficial bagi orang yang berolahraga dari pada tidak olahraga sama sekali. Ketakutan lainnya adalah nanti ototnya terbentuk dan besar dan ketika nanti ga olahraga kendor dan malah parah dari yang tidak olahraga sama sekali awalnya.

well, well, semua itu bisa dilihat dari record kesehatan yang anda punya. Sudahkah anda check kesehatan? apakah ada kolesterol, etc?

Mari kita sama-sama membuat resolusi 2011, fokus dengan resolusi kesehatan untuk 2011, karena di hampir semua resolusi rekan dan teman-teman saya ada yang tertera untuk “menguruskan badan” atau sekedar “menjadi sehat”. Mungkin beberapa option resolusi:

1. olahraga 3x seminggu . 1 jam tiap kali olahraga.
2. Makan sehat, makan junkfood hanya 1 kali seminggu , nantinya akan tereliminasi.
3. Istirahat yang cukup
4. Memasukkan relaksasi atau pijat dalam hidup (aromatherapy)

itu hanyalah salah satu contoh, anda bisa buat contoh lain yang sesuai dengan anda.

Jadi , mari kita renungi malam ini dan mari juga kita buat resolusi untuk 2011 dan sebisa mungkin sebaiknya malah buat work plan gimana cara kita memenuhi semua resolusi kita. make time, etc.

Beberapa resolusi saya yang mau saya share,” belajar keyboard”, ” fluent french”, “learn arabic”, “healthy eating”, “healthy sport”, “cook mastery”, and “photography”, “great writing skills” dan “mengoperasikan mesin jahit dirmh”

Banyak memang tapi harus dimulai somewhere and harus meluangkan waktu untuk resolusi itu agar bisa terwujud.

Jadi, mari kita tutup tahun ini dengan segala perenungan itu dan mari memasuki babak baru dalam hidup kita yaitu tahun 2011 dan setiap tahun baru menurut saya memberi semangat baru dari rutinitas sehari hari kita, dan manfaatkanlah ini untuk mendorong semangat kita lagi untuk masa depan yang lebih cerah. Remember to always seek positivity, even when times is hard, but nothing is impossible… itulah ikhtiar kita…

SELAMAT TAHUN BARU 2011!!

🙂 cheers,

Rifany Arlianti
photo source:www.freephotosbank.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: