Josephine Pipin – Pemenang FIT CHALLENGE 2011: Her Success Story Interview!

17 Aug

Josephine Pipin – Pemenang FIT CHALLENGE 2011: Her Success Story Interview!

Sekitar 3 bulan yang lalu saya buka message FB dari 1 sweet girl named Josephine Pipin dan dia ternyata salah satu peserta Fit CHallenge 2011.๐Ÿ™‚ Ketika itu Josephine bilang dia sudah liat blog saya and was inspired. Dia menanyakan tips in losing weight. Tentu saya senang sekali membantunya dan memberikan semangat n memang sudah memotivasi beberapa Fit challenge member. Dulu ketika Fit CHallenge 2010 juga ada Fit challenge participants yang menanyakan hal yang sama dan kuberikan motivasi juga bernama Winda. Dan tahun 2011 ini ternyata Josephine yang saya dengan senang hati semangatkan untuk ikut FIT Challenge ini. Saya senang sekali ketika mendengar dari Josephine kalau dia telah memenangkan kompetisi tersebut.Josephine mengundang saya datang ke final , sayang sekali saat itu saya tidak bisa. Namun saya bangga sekali dengan usaha Josephine yang begitu gigih untuk menang.

Berikut adalah interview saya dengan Josephine secara detail , sehingga calon FIT Challengers berikutnya bisa belajar dari cerita bagaimana Josephine menurunkan berat badannya. It is such an inspiring and very detail story. Thanks a lot dear for her contribution in the blog and this will inspire more people to lose weight.. Hidup kampanye untuk hidup lebih sehat.. If we don’t take care n love our body, who will…๐Ÿ™‚ so keep on reminding each other though sometimes we get lost in track.. It is a lifetime challenge indeed..

Before picture: Weight still 61 kg

Before picture: Weight still 61 kg

After :  weight: 51kg (lose 10 kg  in 2 months!)

After : weight: 51kg (lose 10 kg in 2 months!)


THE INTERVIEW , JAKARTA 17 AGUSTUS 2011

Fany: Hi Josephine, congrats on your winning!! bisa ceritakan apa Motivasinya?

Josephine: Motivasi aku ingin sehat, changing my life style. Keluar dari zona nyaman yang kurang bergerak, ngemil, nonton, hang out โ€“ hardly stop eating. Hari2 sebelum ikutan lomba, timbangan bergerak naik terus juga, jadi mo nurunin.

Fany: Berapa berat awal dan yang diturunkan?

Josephine:

Berat Awal: 61,6 kg
Fat%: 37,2%
Tujuan / Goal: 55kg dengan fat 30%

Berat akhir: 51,6 kg
Fat%: 29,2%
dalam 8 minggu saja!

Fany: Wow. That’s a LOT! ada kendalanya dalam menjalankan diet tersebut.

Josephine: Kendala: shifting eating habits dan banyak trip keluar kota. Banyak sosial, ketemu temen yang menggoda untuk makan dan minum โ€˜enakโ€™ kurang sehat. Kumpul2 dengan teman dan yang lain sangat menyenangkan, sekaligus rasa ga enakan menolak. Juga macetnya Jakarta bikin kadang ilfeel duluan keluar kantor sudah macet. Lagian jarak kantor tempat ngegym Goldโ€™s Gym Citywalk lumayan jauh dan daerah macet.

Fany: Ok here’s the most important part yang kita semua pengen tahu. Apa nih tips and tricksnya dari Josephine, bisa share ke pembaca?

Josephine:

Tips:

1. memperkuat motivasi dan komitmen prbadi untuk disiplin: Itโ€™s now or never.
2. Membuat target: Smart plan for workouts and diet.
3. Tips diet: No gorengan dan karbohidrat GI tinggi, mengganti dengan makanan lebih sehat: sayur, buah dan protein. Setelah terbiasa, sangat mengurangi garam dan akhir โ€“ akhir sebelum akhir lomba Fot Challenge clean eat: No oil, limited healthy fat (just from tuna, sakmon and olive oil), camilan sehat (brokoli, tomat, pear, apple), serta minum no sugar and green tea.
4. Tips latihan: Untuk latihan standar cardio dan weight training. Biasanya ikutan kelas di gym untuk cardio seperti RPM, spinning dan body combat. Weight training variasi dengan target โ€“ target tertentu dari PT, misalnya fokus paha atas, pinggul, perut bawah, perut atas, dll. Seminggu dari 2 kali naik sampai seminggu 6 kali. Dan yang paling membantu adalah jogging pagi setelah bangun tidur dan malam / sore setelah makan terakhir. Saya sering tambah โ€“ tambah pose2 power yoga sebelum tidur juga.

Contoh menu diet:

a.Pagi: roti gandum, omlet / telur rebus (tanpa kuning)
b.Siang: tuna / salmon, bayam, tomat, pir, brokoli
c.Malam: telur, salad, papaya, atau ikan
d.Selingan siang dan sore: 1 tomat, apel, yoghurt

Jadi makan justru jadi 5 โ€“ 6 kalis ehari dengan porsi kecil. Karena susah mencari makanan sehat di sekitar kantor, jadi buat bekal sendiri. Siapin dari rumah.

Fany: fiuh, perjuangan yang tiada akhir. Bagaimana dengan progressnya Josephine? pasti step by step kan ya?

Josephine: Progress dari week per week: Target utama bukan lose weight but fat loss and muscle gain. Minggu pertama โ€“ minggu ke empat rata โ€“ rata turun 1 kg / minggu. Sempat stagnan bahkan fat naik di minggu ke 6 karena over training dan lepas kontrol makan (Craving) tapi lanjutin lagi naikin interval dan intensitas latihan, jadinya on track dan lebih banyak lagi setelah drastis mengurangi garam. Kalo kangen makan berasa dan manis, saya tambah jagung kaleng dalam menu. Melegakan.

Fany: menggunakan diet khusus kah?

Josephine: Tidak ada diet khusus / resep yang digunakan. Mengurangi kalori. Dalam proses pernah nyoba diet mayo, tapi kuang suka dengan menu โ€“ menunya, jadi kombinasi saja. Misalnya sapi / beef stick saya ganti ikan, tahu telur, dll.

Fany: Apa saja faktor pendukungnya turunnya berat badan Josephine?๐Ÿ™‚

Josephine: Faktor pendukung: keluarga, loved ones, teman โ€“ teman sekitar dan lihat semangat finalis Fot Challenge lain yang sudah menunjukkan hasil. Theyโ€™re really inspiring. Dalam proses juga browsing succes story dari website including Fany (YOU!), teman โ€“ teman di gym especially Adi Nugroho Puspito, my Personal Trainer: Mahya, Fandi serta dari majalah โ€“ majalah, especially majalah fit.

Fany: Dikantor kan pasti banyak yang menawarkan cemilan. Bagaimana menghadapi kendala itu?

Josephine: Cemilan di kantor klo pengen ya icip sedikit, setelah itu minum banyak dan berhenti, back to work denger musik โ€“ mengalihkan perhatian. Walau bener โ€“ bener sering ga enak kalo ada temen kantor ngajakin makan bareng. Aneh menolak dan berbeda ;d

Fany: Memang semakin kita diet semakin digoda temen2 tapi ya tidak apa-apa๐Ÿ™‚ memperkuat motivasi. Josephine, bagaimana melihat peserta lainnya, apakah merasa kompetitif apa ada janjian olahraga bareng?

Josephine: Justru kehadiran finalis lain di gym memberi semangat buat latihan bareng. We felt we already won, menang 10 besar. Having this bonus: PT and gym were already a gift. Intinya justru semangat lihat peserta lain, apalagi yang berhasil menurunkan berat drastis, progress keren bgt.

Fany: Now the fun part: Bagaimana rasanya menang?

Josephine: Menang?? Hilarious! Feels great! Karena emang awalnya ga nyangka menang karena ada finalis lain yang turun BB jauh lebih banyak, yaitu juara kedua: 16 kg (me: 10 kg).

Tapi aspek penilaian kemenangan ternyata banyak juga seperti power, fleksibilitas, disiplin, motivasi, dll. Kemenangan justru membut semangat dan motivasi lebih untuk mempertahankan dan meningkatkan latihan, walaupun dari pengumuman sampai sekarang justru kendala lebih banyak: waktu dan buka bersama (selama puasa).

To be honest itโ€™s getting more challenging now. Tapia ada komitmen lebih kuat untuk memberi semangat kapada orang โ€“ orang terdekat di sekitar untuk sehat. Awalnya dulu aku merasa susah menurunkan BB apalagi lemak, sekarang lebih yakin bisa. Emang akhirnya yang dibutuhkan komitmen dan disiplin. Nothing else. I still have target to go: 50 / 49 kg, more power and flexibility

Fany: Waw hebat masih ada target to lose weight lagi. Josephine, di kompetisi ini seperti biasa ada TOP 3. Boleh ceritakan perjuangan juara 2 dan 3?

Josephine: Kompetitor 2 dan 3 memiliki kehebatan masing โ€“ masing. Kompetitor 2 justru turun 16 kg. Mbak Diah, dia benar โ€“ benar punya semangat luar biasa untuk diet dan olah raga. Sering dia puasa. Juara 3 juga, Imelda, she had smart plan for this Fit Challenge. Mereka berdua memiliki disiplin dan cara masing โ€“ masing untuk workouts dan diet. Hebat! Mereka banyak menginspirasi saya. Semangat!

Fany: Wow juara 2 16kg turunnya and Josephine 10 kg ya. Kasus sama terjadi pada tahun 2009 dimana saya turunnya lebih dikit dari yang juara 2 namun menang karena memang penilaian ga cuma dari turun badan namun faktor lainnya seperti persen fat, motivasi etc. Terus nii, dapat apa juaranya Josephine???

Josephine:
Hadiah yg aku dapat:
Cash: Rp. 5,000,000
voucher2: Madame Corner, Crocs, Femina
Membership Goldโ€™s Gym selama setahun dan hadiah โ€“ hadiah yang lain: tupper ware, catok rambut, toples dan beberapa tas. So glad with all these gifts. Thanks Dulcolax, Goldโ€™s Gym and Fit!

Fany: WOW Josephine. Banyak banget .. tas jg dapat beberapa ckckck… hebat! Terus apa yang akan dilakukan dengan semua yang didapat?

Josephine:
Paling seneng dapat membership GG selama setahun, Iโ€™ll use it wisely. Target set. Hadiah yang lain saya pakai sendri dan saya bagikan ke teman โ€“ teman atau keluarga.

Fany: So glad to hear that! Love your success story dear. You are now one of the inspiration for others to lose weight. Kita teruskan kampanye hidup sehat ini, sebarkan ke yang lain juga. Terima kasih ya buat interviewnya.. hope to see you around!

Josephine: Hugs XO great thanks for all your support and spirit.

———— ii ————–

Sekian liputan interview dengan FIT CHALLENGE 2011 winner. So inspiring isn’t it? so, masih mau nunggu untuk merubah pola hidup sehat? REMEMBER, kesehatan ga bisa dibayar dengan apapun. Kalau sudah jatuh sakit parah akan merusak kegiatan sehari-hari anda. It’s your life. Take care of your body, coz no one else would but you, only you to take care of your own body, soul and life. Live a balance life, not all work. Dig in your Spirituality, Health, Mind body & Soul.. be positive.. loses all the negative, kalau susah usaha terus.. ini adalah perjuangan seumur hidup .. bukan yoyo dan bukan 1 short term diet only.๐Ÿ™‚ just a healthy lifestyle, think simple, coz that’s all that is …

LOVE XOXO,

Rifany Arlianti

4 Responses to “Josephine Pipin – Pemenang FIT CHALLENGE 2011: Her Success Story Interview!”

  1. Mandy 14 September 2011 at 4:05 pm #

    Wah jeng cocok jadi motivator and reporter yah .. hehe

    • rifanyarlianti 20 September 2011 at 5:48 pm #

      hehehe thank you yaa…๐Ÿ™‚

      • alva 28 June 2012 at 1:36 am #

        sukses selalu.. hebat.

      • rifanyarlianti 28 June 2012 at 7:57 am #

        thank you for the comment๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: