Ramadan, awal yang fitri dan awal yang sehat.

28 Jul

Marhaban ya Ramadan, 

Image

Indahnya bulan Ramadan, dimana semuanya seperti dibangunkan dari fakta bahwa kehidupan itu bukan hanya duniawi.  Keseharian menjadi seorang pekerja kantoran seakan-akan membuat kita lupa kalau ada hari akhir kehidupan yang perlu dipikirkan. Kemacetan, kesibukan, dan segala macam sepertinya menjadi suatu hal yang menjadi keseharian kita yang buat kita terkadang terlena.

Ramadan, puasa, mengingatkan kita ke yang di atas. Mohon pengampunan, Nuzulul Qur’an, kita berharap berkah pada bulan yang satu ini.  Niat untuk zakat, fitrah, menjadi lebih fokus pada bulan ini. Bulan ini menjadi bulan perenungan. Did we do good? Did we do enough, is it enough to take us to heaven.  Hampir semua orang pasti bilang, belum.. blm. Tidak tahu kapan kita mati, tidak tahu tp seperti semua orang bilang, kita harus persiapkan.

Pernah ga ya, kala mau melakukan hal yang baik niat untuk do good, sometimes harder to do than any other regular stuff? Coba kita fokuskan dari sekedar niat menjadi malakukan.

Niat is good, niat awal dari rencana baik kita melakukan hal-hal yang baik, bagus, benar.. awal yang baik akan menjalani proses yang baik. Proses yang baik akan terjalankan asalkan dilakukan.  Rencana buat panti yatim? Lakukan, rencana mengajar anak-anak di bawah jembatan? Lakukan! Semua rencana baikmu akan menjadi proses yang baik apabila dilakukan.  Simple2 things, khatam Al-Qur’an, Itikaf, rencana bagikan sembako, atau zakat ke orang-orang yang sepertinya membutuhkan yang kamu lihat di jalan, ayolah lakukan. Yuk Yuk yuk.. mari3x…  Selagi masih berkesempatan…

Di Bulan Ramadan yang menjadi awal yang fitri, seperti manusia yang baru lahir, kenapa tidak juga menjadi awal yang sehat? 

Image

Niat untuk menjadi seseorang yang sehat, yang janji akan mengurus hidupnya sendiri, take care of your own body, own health and happiness.

                                                                                 Image

Kalau dulu2 niat untuk hidup sehat menjadi sekedar niat coba kita praktekkan sekarang ayuks, untuk benar-benar sehat. Persiapkan diri menjadi pribadi yang sehat yang bertanggung jawab pada tubuhnya sendiri menghindari adanya penyakit-penyakit kronis yang akan menghampiri jika tidak berkehidupan yang sehat. Menghindari menyulitkan keluarga apabila akibat dari makanan tidak sehat itu membuat kita sakit sakit, masuk rumah sakit, membuat banyak biaya yang dikeluarkan. Sayang kan biaya berobat penyakit2 kronis karena pola makan tidak sehat itu bisa lebih bermanfaat untuk diberikan sebagai hal yang lebih berguna.

Yuk… janji untuk membuat perubahan, dan cek perubahan itu selalu dan bisa sangat mengingatkan.

Ini yang bisa kita lakukan:

Menyadari berapa berat badan sekarang dan tinggi badan, apakah sudah sesuai dengan BMI apa sudah dibiarkan cukup lama untuk tak diperhatikan?

Kalau ternyata sudah sangat melebihi BMI yuk kita lakukan sesuatu tentang itu.

1.Food Diary: Tulis segala macam makanan yang masuk ke mulut, kalau buku besar itu ribet pake buku kecil saja yang bisa dibawa kemana-mana.

2.Setelah tulis food diary perhatian makanannya. Apakah sudah sehat semua? Kalau belum yuk mulai satu persatu menyukai sayuran, buah dan juga rebus-rebusan, hindari gorengan. Boleh terapkan ada 2 hari cheating days awalnya asalkan hari lainnya hanya makan makanan sehat. Biasanya cheating days di weekend ya? tp nanti perlahan-lahan buat semua hari makan makanan sehat.

Apa sih yang ga disuka dari buah-buahan? Buah itu segar dan yummy sekali lho… cemilan itu jauh lebih baik dari chips, cakes. Learn to love fruit. Fruit is very yummy and sayuran? Veggies itu coba kamu jus deh dan tambahkan madu will be yummy jugaa… try it! Mix with fruits juga okeh.. yummyumm.. bisa ni buat buka puasa nanti. Saya tidak mau buatkan menu kali ini, karena hampir smua orang sudah tahu lah mana yang makanan sehat mana yang tidak, coba untuk kali ini berkomitmen untuk selalu makan sehat.. ur big, grown and know which is right or wrong. Kalau belum tahu boleh cek blog2 saya terdahulu ;) 

Image

Image

 

 

3.Pastikan dalam sehari ada olahraganya minimal 40 menit, karena kita baru mulai membakar setelah 30 menit. Dalam seminggu boleh 2 hari break tanpa olahraga.

Image

 

4. Meditasi.  Tenangkan pikiranmu dan hilangkan stress. Stres menyebabkan hormon kortisol yang bs sebabkan kenaikan berat badan.

Jangan banyak-banyak dulu lah.. Kita do step by step.. sudah lakukan yang di atas? Beri info dengan berkomentar ya. We love to support you and hear from you. Senangnya kalau bisa saling mengingatkan dan membantu.

Masa si kamu ga mau seperti ini:

Image

Image

 

Cheers and good luck.

4 Responses to “Ramadan, awal yang fitri dan awal yang sehat.”

  1. mahardika 30 July 2013 at 9:16 pm #

    ini Sehat dalam artian yang sangat komplit. Bener2 Jelas banget pengertiannya. Bagus sist, artikelnya. Dan setuju banget kalau sehat enggak hanya untuk tubuh, akal pikiran dan perilaku.

    • rifanyarlianti 6 August 2013 at 9:12 pm #

      Terima kasih yaa🙂

  2. hyosparkyu 26 August 2013 at 12:23 pm #

    Blognya inspiratif sekali. Saya juga sedang berjuang menurunkan berat badan dan mencoba memulai hidup sehat. Rasanya sulit sekali keluar dari zona nyaman makanan berlemak manis dan tinggi karbo lainnya ;( tapi diblog ini banyak cerita tentang mereka yang berhasil..kalau mereka bisa kenapa saya tidak.. FIGHTINGGGGGGG!!!!!!!!!!!

    • rifanyarlianti 27 August 2013 at 11:24 pm #

      smoga berhasil! smangat slalu ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: