Motivasi tetap sehat walau tinggal di lokasi berudara dingin atau “winter”

10 Dec

Saya saat ini sedang berada di Amman, ibu kota negara Jordania di middle east. Ketika datang musimnya masih musim panas, hingga hampir 5 bulan berlalu sekarang kita mulai memasuki musim dingin di Amman.

IMG-20151129-WA0061

Menurut teman teman yang tinggal di sini, rata – rata mereka naik berat badannya selama musim dingin, ataupun “winter”, jadi rata – rata kalangan orang-orang sudah pasti akan naik berat badannya di sini.  Ada teman saya yang naik 5 kg dari dia pertama datang ke Amman Jordania bahkan ada yang naik selama 9 kilogram.

Kacau dong ya… kalau planning awalnya menguruskan, jadi terngiang ngiang kalau winter tuh bakal naik.  Saya makanya termotivasi untuk membuat suatu perencanaan agar hal kenaikan berat badan seperti itu tidak terjadi dengan saya…

IMG-20151114-WA0039

Makanya sebelum hal itu terjadi walau sekarang sudah memasuki musim dingin, mesti ada siasatnya supaya tidak naik berat badannya.  Ok, pas musim panas dan gugur kemarin saya memang ikut klub gym di fitness, setidaknya dalam satu minggu ada ngegymnya. Namun saya memang sudah berkepikiran bahwa di musim dingin, pasti boro-boro pergi keluar ngegym, mungkin sudah kedinginan di dalam rumah, apalagi ini musim dingin pertama saya di Amman, Jordan yang belum beradaptasi.

Supaya saya tidak naik berat badan lagi seperti teman teman saya yang bisa bisa naik 5 kg bisa sampai 10 kg jg,.. ada beberapa tips dan perencanaan yang dilakukan.

Yang saya lakukan adalah:

  • Beli alat mesin olahraga jadi bisa dilakukan di rumah.  Tidak perlu cari yang mahal kadang cek di tempat tempat second jg bisa, saya kali ini liat di garage sale amman website  dan menemukan yang ok banget dan masih bagus, alhamdulillah🙂
  • Saya bertanya kepada teman saya orang jordan yang jg merupakan personal trainer di fitness center , tips dia: JALAN KAKI 1 Jam setiap hari. Bisa dengan alat yang saya miliki itu ataupun dengan jalan kaki di luar saja.
  • Kemudian tips dia yang kedua: eliminate total JUNKFOOD/ hilangkan kebiasaan junk food. Saya suka kesusahan dalam hal ini, agak terbengkalai beberapa waktu terakhir, saya dulu memang sangat perhatikan ini, tapi memang kadang ada masa dimana ada “Slip-ups” yaitu tetep konsumsi junkfood. Tapi tentunya itu adalah perjuangan seumur hidup, jadi kalau pun terpeleset kadang dlm kehidupan tidak sehat , dimana selalu ada kesadaran dan kemauan pasti bisa bangkit lagi, jadi sekarang mau fokus lagi dalam tidak mengkonsumsi junkfood. Disini favoritku swarma, tapi menurut personal trainer itu jg kurang sehat banyak mayonaisnya.  Jadi mulai dikurang2i. satu lagi yang kusuka eskrim eskrim hihi,.. enak eskrimnya di amman jordan apalagi merek Geralds yummy sekali d,.. sempet sminggu bisa beberapa kali, kayanya skrg harus dibatasi sama skali…

Hindari makanan manis manis dan terlalu berkarbohidrat hehehehe…

  • Persiapan yang saya lakukan lagi adalah BELI TIMBANGAN! hahaha.. kemarin disini belum beli timbangan jadi tidak bisa memonitorr…. dan eng ing eng ternyata timbangan terakhirnya adalah 60.5kg! oh no no no no…. memang agak sedikit lebih kurus dari pertama kali datang tapi sempet lebih kurus lagi pas fitnes di sini awal2 itu yaitu 58 kg. tetap dengan tinggi hanya 155cm itu masi over banget , so motivasi adalah turunkan lagi, kalau dulu bisa, why not skrg ga bisa, it is a lifetime journey lifetime motivation towards healthy lifestyle, apa lagi belum punya baby… so ga boleh berat berat amat deh.. So journeynya adalah healthy life style .. dan bukan diet or weight loss yang kesannya temporary.. so it is a healthy life style. Saat ini saya menulis di tanggal 9 December 2015 .. smoga dalam musim dingin yang akan slesai march 2016 ini saya tidak naik berat badannya malahkan turun, tenang nanti akan diinfokan seberapa bisa saya turunnya🙂 . Motivasi inih untuk ngeshare di Blog… motivasi supaya ga melarrrr….
  • Planning awal, saya suka banget merencanakan, tinggal dilaksanakan. Skrg saya mau mulai berencana pakai mesin itu 1 jam sehari tiap pagi. Mulai Besok, 10 Des 2015… so lets see lets see.. dan saya akan atur pola makan dan set up food menu lg buat healthy living .

Sekarang baru itu yang saya tulis, saya akan update terus dan terus pastinya. Keep on looking2 aja yah.. hihi…

Cheers…. Salam dari Jakarta street di Amman , Jordania. Yak betul ada jalan Jakarta di Amman lho…🙂 hebat ya… Mungkin karena pak Prabowo sohibnya raja Jordan di sini… jadi ada jalan jakarta d🙂

 

IMG-20151106-WA0018

 

 

 

 

 

Leave a Reply

